Apa sih Food Handler itu?

Kita mengetahui berbagai profesi seperti dokter, dietisien, insinyur, dan berbagai profesi lainnya. Profesi tersebut ada untuk memastikan orang yang memiliki gelar profesi tersebut memiliki kompetensi yang cukup untuk dapat melakukan keahlian mereka dan menjamin adanya pengetahuan terstandar untuk keamanan maupun kepuasan klien. Namun, apakah ada kompetensi serupa di industri makanan? Jawabannya ada! Pada industri makanan, untuk menjamin keamanan makanan yang disajikan bersih, aman, dan layan untuk dikonsumsi, terdapat kompetensi individu bernama Food Handler.

Food handler atau Penjamah makanan menurut Depkes RI (2006) adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan makanan dan peralatan mulai dari tahap persiapan, pembersihan, pengolahan, pengangkutan sampai penyajian. Seseorang yang menangani makanan untuk selanjutnya dapat dikonsumsi oleh orang lain adalah suatu bentuk tanggung jawab yang penting karena menyangkut kepada keselamatan orang lain. Tak jarang kita sering menemukan kasus keracunan dan penyakit yang ditimbulkan dari makanan. Penjamah makanan yang lalai dalam menangani bahan makanan sering kali menyebabkan kontaminasi mikrobiologi ke makanan yang sedang diolah. Kontaminasi mikrobiologi ini dapat ditularkan melalui makanan, yang terdapat pada kulit, hidung, mulut, saluran pencernaan, rambut, kuku dan tangan serta seringkali tanpa kita sadari mereka juga hidup di dalam tubuh manusia.

Makanan yang aman dikonsumsi sudah pasti tidak luput dari yang namanya higiene dan sanitasi. Seorang penjamah makanan harus memahami bahwa dalam kegiatannya menyiapkan ataupun mengolah makanan rentan terhadap kontaminasi di sekitarnya, terutama dari kontaminasi penjamah makanan itu sendiri.

Seseorang yang menangani makanan untuk selanjutnya dapat dikonsumsi oleh orang lain adalah suatu bentuk tanggung jawab yang penting karena menyangkut kepada keselamatan orang lain.

– Pentingnya kompetensi Food Handler –

Namun, untuk mengikuti Skema Sertifikasi Okupasi Penjamah Makanan (Food Handler), JMKP memiliki salah satu persyaratan yaitu dengan memiliki Sertifikat Pelatihan Terkait Food Handler/Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Nah jangan khawatir karena BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi dapat memberikan sertifikat kompeten untuk para food handler yang dinyatakan kompeten setelah mengikuti Skema Sertifikasi Okupasi Penjamah Makanan (Food Handler) oleh JMKP.

SAFF Solution bekerja sama dengan JMKP hadir untuk membantu Bapak/Ibu dan teman-teman Penjamah Makanan untuk memperoleh sertifikat kompetensi sebagai bukti bahwa Anda sudah kompeten dengan mengikuti pelatihan untuk persiapan sertifikasi.

Tunggu apalagi? Yuk, segera daftar dan ikut pelatihannya hanya di SAFF Solution! Nantikan informasinya di kanal-kanal kami ya!

One comment

  1. Ade febri gunawan
    Ade febri gunawan

    Good job

Leave a Reply